Monday, October 7, 2019

Tutorial : Uji Tanda dan Uji Rank Tanda Wilcoxon

Uji Tanda merupakan salah satu pengujian pada statistika non parametrik yang paling sederhana. Pengujian ini bertujuan untuk menguji apakah median suatu populasi mengikuti kriteria tertentu. Statistik uji yang digunakan pada Uji Tanda adalah jumlah tanda positif (+) atau jumlah tanda negatif (-). Sedangkan untuk Uji Rank Tanda Wilcoxon, selain memperhatikan tanda tanda positif (+) atau tanda negatif (-), uji ini juga menggunakan informasi mengenai besar selisih antara dua sampel berpasangan atau satu sampel dengan media tertentu. Pada artikel ini, Uji Tanda dan Rank Tanda Wilcoxon akan digunakan sekaligus pada data sampel berpasangan. Dengan kata lain ada hubungan perlakuan sebelum, setelah dan lainnya.

Telah dijelaskan pada artikel Tutorial : [Pendahuluan] Statistika Non Parametrik bahwa metode pengujian manual statistika non parametrik akan mengalami kendala ketika data yang digunakan cukup besar. Kendala yang dimaksud adalah efisiensi waktu pengolahan/perhitungan. Oleh kerana itu, alat bantu perhitungan dapat dimaksimalkan pada proses perhitungan/pengolahan statistika non paramtrik pada data/sampel yang besar.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kasus berikut :

Permasalahan

Sebuah perusahaan otomotif ingin menguji apakah merk baru sebuah ban memberikan perbedaan dalam pemakaian bahan bakar sebuah mobil. Akhirnya, perusahaan tersebut membuat sebuah tim yang ditugaskan untuk menguji pemakaian bahan bakar pada 30 mobil menggunakan ban standard dan ban merk X dengan jarak tempuh yang sama yaitu 5 kilometer. Berikut data pemakaian bahan bakae yang telah dikumpulkan.
Jika diketahui data tersebut tidak berdistribusi normal, ujilah menggunakan tingkat kepercayaan 2,5% apakah ban merk X memberikan perbedaan pada pemakaian bahan bakar! Gunakan dua uji sekaligus dan berikan kesimpulan tambahan.

***



TAHAP ANALISIS

Input Data

Masukan data ke lembar kerja SPSS dengan melakukan copy-paste data yang dapat didownload pada halaman Contoh Data atau klik disini.

Nama Variabel


Deskripsikan nama variable dengan mengklik Tab Variable View.

Analisis

Kemudian klik Analyze – Nonparametric Tests – Legacy Dialogs  2 Related Samples.

Masukan Perintah

Akan muncul kotak dialog untuk memasukan perintah. Pindahkan variable BanStandar dan Ban_X ke dalam kotak Test Pairs dengan cara klik panah yang mengarah ke kanan. Setelah itu ceklis Wilcoxon dan Sign pada pilihan Test Type. Kemudian klik OK.

Output Uji Tanda dan Rank Tanda Wilcoxon


Berdasarkan tahapan yang telah dilakukan, maka tahap terakhir akan muncul Output pada jendela Output. Informasi yang digunakan adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed).

***


HASIL DAN PEMBAHASAN


Berdasarkan permasalahan yang akan dibahas, maka diperoleh rumusan hipotesis sebagai berikut :

H0 : Ban merk X tidak memberikan perbedaan pada pemakaian bahan bakar.
H1 : Ban merk X memberikan perbedaan pada pemakaian bahan bakar.

α : 2,5% (0,025)

Statistik Uji :
P-Value Wilcoxon Test = 0,001
P-Value Sign Test = 0,002

Kriteria Penolakan : H0­ akan ditolak jika nilai P-Value < α

Keputusan : H0 ditolak karena kedua nilai P-Value (0,001 & 0,002) < α (0,025)

Kesimpulan :

Pada taraf signifikansi α 2,5%, diperoleh kesimpulan bahwa ban merk X memberikan perbedaan pada pemakaian bahan bakar.

***


Demikian artikel mengenai Tutorial : Uji Tanda dan Rank Tanda Wilcoxon dengan SPSS. Semoga artikel ini bermanfaat dan janganlah sungkan untuk berkomentar pada kotak komentar yang telah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share sebanyak mungkin.

Terimakasih.
Previous Post
Next Post

0 comments: