Tutorial : [Pendahuluan] Statistika Non Parametrik

Apa itu Statistika?
Apa perbedaan Statistika dan Statistik?
Dimana posisi Statistika Non Parametrik?

Sebelum kita ulas lebih lanjut tentang Statistika Non Parametrik, alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan istilah dasarnya. Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, pengumpulan, peringkasan, analisis, serta interpretasi data. Sedangkan Statistik adalah hasil atau informasi dari data yang telah diolah menggunakan statistika. Secara umum, perbedaan Statistika dan Statistik adalah lebih ke definisi dasar. Statistika berkaitan dengan ilmu dan proses, sedangkan Statistik adalah hasil dari proses tersebut.

Statistika sendiri dibagi menjadi 2 yaitu, Statistika Deskriptif dan Inferensial. Statistika Non Parametrik terletak pada Statistika Inferensial.


Statistika Deskriptif digunakan untuk penyajian data maupun penyampaian karakteristik dari data yang diamati. Sedangkan Statistika Inferensial digunakan untuk pengujian Hipotesis dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

Penjelasan diatas telah menjelaskan sedikit tentang apa itu Statistika dan Statistik, serta posisi Statistika Non Parametrik secara umum. Selanjutnya kita akan fokus pada pembahasan mengenai Pendahuluan Statistika Non Paramatrik.

1. Pengertian Statistika Non Parametrik

Statistika Non Parametrik merupakan salah satu jenis teknik statistik yang tidak mensyaratkan asumsi tertentu. Asumsi yang dimaksud antara lain asumsi normalitas, homogenotas varians dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, terkadang seorang peneliti menemui beberapa temuan antara lain :
     - Jumlah sampel sedikit karena keterbatasan dana, tenaga dan waktu
     - Data yang dikumpulkan tidak mengikuti sebaran distribusi Normal
     - Skala data yang digunakan adalah Nominal atau Ordinal.

Temuan-temuan yang telah disebutkan diatas, dapat dianalisis menggunakan Statistika Non Parametrik. Karena jika dipaksakan menggunakan Statistika Paramtrik, tentu kesimpulan yang dihasilkan akan melenceng dari kenyataan.

2. Kelebihan dan Kekurangan

Statistika Non Parametrik memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan antara lain:

Kelebihan

- Dapat digunakan untuk hampir semua jenis skala data
- Proses perhitungan sederhana, mudah dan cepat
- Bebas Asumsi
- dan lain sebagainya

Kekurangan

- Dapat menyebabkan hilangnya informasi penting
- Efisiensi perhitungan manual kurang pada sampel yang besar
- Tabel distribusi pada perhitungan manual terbatas
- dan lain sebagainya

3. Prosedur Penggunaan

Berikut prosedur yang digunakan untuk memutuskan penggunaan Statistika Non Parametrik


4. Tipe Skala Data

Dalam prakteknya, sangat penting memperhatikan jenis Skala yang digunakan untuk memutuskan penggunaan Statistika Non Paramterik. Berikut penjelasannya.

Skala Nominal
Skala yang digunakan hanya untuk membedakan anggota-anggota himpunannya tanpa memiliki tingkatan.
Contoh : Warna, Jenis Kelamin, Jenis Pekerjaan, Agama dan lain-lain.
Ambil contoh Warna. Kita dapat membedakan warna tapi tidak dapat mengungkapkan bahwa warna merah lebih tinggi dari warna hitam.

Skala Ordinal
Skala yang digunakan hanya untuk membedakan anggota-anggota himpunannya dengan memperhatikan tingkatan.
Contoh : Jenjang Pendidikan, Golongan Gaji, Tingkat Kepuasan dan lain-lain.
Ambil contoh Jenjang Pendidikan. Kita dapat membedakan jenjang pendidikan serta mengungkapkan bahwa pendidikan SMP lebih tinggi dari SD.

Skala Interval
Skala yang digunakan untuk menyatakan peringkat antar tingkatan. Memiliki jarak antar interval tetapi tidak memiliki nilai 0 (nol) mutlak.
Contoh : Suhu, Waktu, Hasil Belajar dan lain-lain.
Ambil contoh Suhu dan Waktu. Suhu 0 (nol) derajat bukan berarti tidak memiliki suhu. Waktu pukul 00.00 dinihari bukan berarti tidak memiliki waktu.

Skala Rasio
Skala yang digunakan untuk membedakan, mengurutkan serta memiliki jarak dan nilai 0 (nol) mutlak. Variansi nilainya memiliki batas yang tegas dan mutlak.
Contoh : Tinggi Badan, Berat Badan, Denyut Nadi dan lain-lain.
Skala rasio merupakan tingkatan skala yang paling tinggi dan paling lengkap.

***

Demikian pembahasan mengenai Pendahuluan Statistika Non Parametrik beserta seluk beluk di dalamnya. Pada artikel selanjutnya akan dibahas mengenai teknik-teknik analisis Statistika Non Parametrik.
Share:

0 comments:

Post a Comment