Tutorial R : RStudio sebagai IDE yang Memudahkan

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang "Apa itu R?" dan juga cara mendapatkannya. Artikel tersebut bisa dibaca pada link berikut:
Tutorial & Video : Download dan Install "R"
Pada artikel ini kemungkinan akan muncul sebuah pertanyaan "Apa itu RStudio?", "Apa itu IDE?" dan lain sebagainya. IDE atau Integrated Development Environment adalah sebuah software atau program yang bertugas sebagai wadah atau lingkungan dalam mempermudah pengembangan maupun penggunaan software atau program tertentu. Pada tahun 2009, J.J. Allaire mendirikan RStudio dan terus dikembangkan. RStudio sendiri memungkinkan pengguna untuk dapat lebih menguasai pengoperasian R itu sendiri. Pada RStudio juga telah dilengkapi dengan fasilitas instal Package secara online dan lain sebagainya. Sebelum melakukan instalasi RStudio, pengguna diwajibkan melakukan proses instalasi R terlebih dahulu. Untuk tutorialnya dapat dibaca disini. Setelah proses instalasi R berhasil, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka laman resmi RStudio https://rstudio.com/products/rstudio/download/
  2. Klik tombol Download pada produk RStudio Dekstop
  3. Pilih versi berdasarkan OS yang sesuai, misalkan RStudio 1.2.5001 - Windows 10/8/7 (64-bit)
  4. Lakukan proses instalasi
  5. Selesai
Setelah proses instalasi selesai, RStudio telah berhasil terpasang.


Dengan menggunakan RStudio, pengguna R akan lebih nyaman karena kemudahan interface yang ditawarkan. Untuk tutorial tentang penggunaan RStudio akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Share:

0 comments:

Post a Comment