Tutorial R : Rcmdr pada RStudio


Terdapat 2 cara dalam melakukan analisis data menggunakan R yaitu dengan menggunakan Command Line dan R GUI (Graphical User Interface). Salah satu R-GUI yang sering digunakan untuk analisis data statistika adalah Rcmdr.
Pada artikel ini akan dijelaskan tentang proses instalasi Rcmdr pada RStudio. Artikel mengenai RStudio dan proses instalasinya dapat dikunjungi pada link berikut :
Tutorial R : RStudio sebagai IDE yang Memudahkan
Pada artikel lainnya juga telah dijelaskan mengenai instalasi Rcmdr pada R tanpa menggunakan RStudio. Artikel tersebut dapat dikunjungi pada link berikut :
Tutorial & Video : Rcmdr Statistika Dasar
Sebelum melakukan instalasi Rcmdr pada RStudio, pastikan internet telah terhubung pada perangkat yang akan digunakan. Berikut tahapan-tahapannya.

1. Masuk ke RStudio kemudian klik Tools - Install Packages...



2. Setelah itu akan muncul kotak dialog Install Packages. Ketikan Rcmdr pada kotak Packages kemudian klik Install.


3. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

4. Setelah proses instalasi selesai, ketikan perintah berikut pada RStudio-Console kemudian enter.

library(Rcmdr)

5. GUI Rcmdr akan langsung muncul.


6. Berikut fungsi-fungsi analisis statistika yang dapat digunakan.



Pengguna alat bantu analisis data statistika yang telah terbiasa dengan "GUI yang ramah" seperti SPSS, MINITAB, dll akan sangat terbantu dengan Rcmdr karena tampilannya yang sederhana dan informatif serta dapat dikatakan cukup lengkap.
Demikian artikel mengenai Tutorial R : Rcmdr pada RStudio, semoga dapat bermanfaat dan jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

close
Coba Kolom Pertanyaan
Dengan Jawaban Lebih Jelas
Klik Disini