Tutorial : Bagaimana Mendapatkan SAS OnDemand


Pada artikel sebelumnya telah dibahas tutorial mengenai salah satu fasilitas dari SAS yang dapat dimanfaatkan secara gratis yaitu SAS University Edition. Artikel tersebut dapat dilihat pada tautan berikut:
SAS University Edition merupakan salah satu fasilitas dari SAS yang dapat digunakan secara gratis. Fitur yang tersedia juga cukup lengkap. Namun berdasarkan laman resmi SAS, fasilitas SAS University Edition telah diganti menjadi SAS OnDemand terhitung dari 2 Agustus 2021. Secara umum SAS OnDemand merupakan fasilitas dari SAS yang bersifat Cloud Computing. Oleh karena itu dibutuhkan jaringan internet untuk dapat menjalankannya. Berikut akan dijelaskan beberapa proses yang dibutuhkan untuk mengakses SAS OnDemand for Academics.

1. Melakukan Pendaftaran

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran akun jika belum memiliki akun profil SAS. Pendaftaran dapat dilakukan pada laman https://welcome.oda.sas.com/login. Setelah itu klik Don't have a SAS profile?.


Ikuti seluruh langkah dan isi seluruh informasi pendaftaran yang dibutuhkan. Proses pendaftaran akan berakhir sampai muncul tombol Create Profile dan pesan bahwa pendafatarn hampir selesai.




Sejauh ini proses pendaftaran telah berhasil dilakukan.

2. Melakukan Verifikasi dan Aktivasi

Setelah proses pendaftaran selesai dan memastikan bahwa email telah benar, selanjutnya akan terdapat pesan dari SAS yang akan masuk ke email dengan isi terkait Aktivasi Profil SAS. Silahkan klik tautan dengan judul Activate Your SAS Profile. Pada tahap ini akan muncul laman terkait dengan pengaturan Password dari SAS Profile. Silahkan lengkapi dan atur Password tersebut sampai muncul tombol Continue.

3. Mengakses SAS OnDemand

Setelah profil diverifikasi dan diaktivasi, tahap selanjutnya adalah mengakses dan menggunakan SAS OnDemand. Silahkan kembali ke laman https://welcome.oda.sas.com/login dan kemudian melakukan login menggunakan SAS Profile email address dan Password yang telah diperoleh pada tahap sebelumnya. Setelah itu silahkan menunggu email konfirmasi terkait dengan penggunaan SAS OnDemand. Jika email konfirmasi telah diperoleh, selanjutnya ikuti petunjuk yang diberikan.


Jika proses login berhasil, maka secara otomatis pengguna akan diarahkan pada laman SAS OnDemand. Gambar di atas adalah tampilan dari SAS OnDemand dengan beberapa opsi yang disediakan. Selanjutnya klik SAS Studio.


Gambar di atas adalah tampilan dari SAS Studio menggunakan SAS OnDemand for Academics. Setelah tahap ini selesai maka SAS OnDemand dapat digunakan untuk berbagai proses analisis data maupun kebutuhan lainnya.


0 Response to "Tutorial : Bagaimana Mendapatkan SAS OnDemand"

Post a Comment