Tutorial : Memahami dan Menerapkan VLOOKUP pada Ms. Excel

Microsoft Excel (Ms. Excel) merupakan salah satu alat yang disediakan oleh microsoft dalam hal olah angka maupun manajemen data. Ms. Excel memiliki cukup banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk segala jenis kebutuhan. Mulai dari perhitungan sederhana, sampai penyusunan database.


Salah satu fitur yang cukup banyak dimanfaatkan oleh pengguna adalah fitur VLOOKUP. Salah satu fitur dalam Ms. Excel yang berfungsi untuk mencari suatu informasi berdasarkan data pada tabel lainnya. Awalan huruf depan "V" memiliki arti "Vertical" yang artinya adalah fitur ini akan mencari suatu informasi berdasarkan data pada tabel secara vertikal (header/kepala tabel berada pada bagian atas dan tabel memanjang ke bawah).


Berikut ilustrasi sederhana untuk beberapa bagian VLOOKUP:


1. Tabel Referensi


Tabel ini berisi tentang seluruh informasi/referensi/database yang akan digunakan dalam pencarian pada bagian Tabel Hasil. Dengan kata lain, tabel ini memuat seluruh informasi yang dibutuhkan.

2. Tabel Hasil


Tabel ini merupakan lokasi untuk memanggil kriteria tertentu untuk memunculkan informasi tertentu. Misalkan jika kita ingin mencari informasi dari Tabel Referensi menggunakan "No. Kode" maka saat kita memasukkan "No. Kode" maka informasi seperti Nama, Alamat, Perusahaan, dan Penghasilan akan otomatis muncul pada Tabel Hasil.


Ilustrasi berdasarkan Tabel Referensi dan Tabel Hasil merupakan penjelasan sederhana dari cara kerja fitur VLOOKUP. Selanjutnya adalah tahapan penggunaan fitur VLOOKUP.


1. Perintah VLOOKUP

Perintah VLOOKUP pada Ms. Excel adalah sebagai berikut:

VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Penjelasan dari perintah tersebut adalah sebagai berikut:


lookup_value
Nilai yang akan dicari. Nilai ini dapat berupa cell seperti A2 atau karakter tertentu seperti "Nama" dan lain sebagainya. Pada ilustrasi sebelumynya, lookup_value berada pada Tabel Hasil.

table_array
Tabel yang akan dicari informasi terkait lookup_value. Pada ilustrasi sebelumnya, table_array adalah seluruh cell pada Tabel Referensi.

col_index_num
Urutan nomor kolom pada Tabel Referensi. Untuk mempermudah, setiap kolom pada Tabel Referensi dapat disisipkan dengan nomor urut.

[range_lookup]
Informasi yang menentukan ingin menemukan hasil yang sama persis atau yang mendekati. Nilai yang dapat diinputkan adalah TRUE atau FALSE.


2. Menyiapkan Tabel Referensi

Setelah memahami isi dari perintah VLOOKUP, tahap selanjutnya adalah menyiapkan Tabel Referensi sesuai dengan ilustrasi sebelumnya dengan menambahkan informasi nomor urut kolom sebagai berikut:


Nomor urut kolom berfungsi sebagai penanda untuk perintah col_index_num.


3. Menyiapkan Tabel Hasil

Tabel yang dimaksud sesuai dengan ilustrasi yang telah dijelaskan. Tabel ini disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang akan dicari (tidak harus semua informasi dimasukkan).



Pada Tabel Hasil kepala tabel dapat berada disamping (kiri) sesuai ilustrasi atau diletakkan pada atas tabel sesuai kebutuhan.

4. Memasukan Perintah

Pada ilustrasi ini, skenario yang digunakan adalah "mencari informasi anggota koperasi berdasarkan No. Kode". Berikut adalah perintah selengkapnya berdasarkan tabel yang telah disusun.



Gambar di atas adalah Tabel Referensi dengan range cell A2 sampai E12 (A2:E12). A2:E12 ini akan dijadikan sebagai perintah table_array di VLOOKUP.


Gambar di atas adalah perintah yang digunakan pada Tabel Hasil. Perhatikan pada perintah VLOOKUP, C2 adalah "No. Kode" pada tabel hasil. Sheet1!A2:E12 menunjukan table_array berdasarkan Tabel Referensi pada sheet 1. Angka setelahnya menunjukan nomor kolom sesuai dengan Tabel Referensi. Hasil dari perintah tersebut ditampilkan pada gambar berikut:


Hasil tersebut merupakan luaran dari perintanh VLOOKUP dengan nilai pencarian berdasarkan No. Kode anggota Koperasi. Secara luas, VLOOKUP banyak digunakan pada berbagai macam aspek administrasi maupun kalkulasi dan olah data menggunakan Ms. Excel.


0 Response to "Tutorial : Memahami dan Menerapkan VLOOKUP pada Ms. Excel"

Post a Comment