Tutorial : Uji t Satu Sampel (Rata-rata)

Uji t (t-test) merupakan salah prosedur yang digunakan untuk menguji rata-rata populasi berdasarkan data sampel yang diketahui. Uji t sendiri dapat digunakan untuk satu sampel, dua sampel independen ataupun dua sampel berpasangan/terkait. Pada artikel ini, kita akan fokus pada uji t satu sampel.

Tujuan utama dari uji t satu sampel adalah : 
Membandingkan/mengecek apakah nilai rata-rata suatu sampel sesuai dengan nilai rata-rata yang diketahui.

Contoh :
Ingin diuji apakah rata-rata usia bohlam lampu dalam suatu periode produksi tertentu sama dengan 500 jam.
Penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional SMA pada Provinsi A adalah 75.
Membuktikan sebuah iklan yang menyatakan bahwa rata-rata durasi servis kendaraan roda 2 Dealer A adalah 15 menit.
dan lain sebagainya.

Walaupun perhitungan manual uji t satu sampel terbilang sederhana, tapi hasil yang diperoleh dari uji ini cukup informatif dan mudah dipahami.

Artikel ini akan mengulas tahapan-tahapan uji t satu sampel menggunakan alat bantu Statistik berupa SPSS beserta contoh kasus dan data. Selain dengan SPSS, uji t juga dapat dilakukan menggunakan Microsoft Excel. Kumpulan data pada website ini dapat didownload pada halaman Contoh Data atau klik disini.

Permasalahan :

Sebuah iklan merk baru dari sebuah Smartphone X yang tersemat pada surat kabar mengatakan bahwa usia baterai produk mereka mampu bertahan selama 10 jam. Berdasarkan informasi tersebut, sekelompok mahasiswa ingin membuktikan apakah iklan tersebut benar. Mereka kemudian mendata mahasiswa yang menggunakan Smartphone X lalu mengambil sampel sebanyak 20 Smartphone. Dua puluh Smartphone tersebut kemudian diisi daya sampai mencapai 100% kemudian dihitung durasi/usia sampai Smartphone tersebut mati daya. Bedasarkan pencatatan tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :
Dengan menggunakan taraf signifikansi α 5%, ujilah apakah iklan tersebut benar dengan menyatakan bahwa usia baterai mereka mampu bertahan selama 10 jam.

***

TAHAPAN ANALISIS

Input Data

Masukan data ke lembar kerja SPSS dengan melakukan copy-paste data yang dapat didownload pada halaman Contoh Data atau klik disini.

Nama Variabel

Deskripsikan nama variable dengan mengklik Tab Variable View.

Analisis

Kemudian klik Analyze – Compare Maens – One Sample T Test.

Masukan Perintah

Akan muncul kotak dialog untuk memasukan perintah. Pindahkan variable Usia ke dalam kotak Test Variable(s) dengan cara klik panah yang mengarah ke kanan. Setelah itu inputkan nilai pengujian yaitu 10. Nilai ini harus sesuai dengan kasus/permasalahan yang ditanyakan. Karena kita ingin menguji apakah rata-rata usia baterai 10 jam, maka kita inputkan 10. Kemudian klik OK.

Output

Berdasarkan tahapan yang telah dilakukan, maka tahap terakhir akan muncul Output pada jendela Output. Salah satu informasi yang digunakan adalah yang bertanda merah.

***

HASIL DAN PEMBAHASAN


Berdasarkan permasalahan yang akan dibahas, maka diperoleh rumusan hipotesis sebagai berikut :

H0 : Rata-rata usia baterai Smartphone sama dengan 10 jam.
H1 : Rata-rata usia baterai Smartphone tidak sama dengan 10 jam.

α : 5% (0,05)

Statistik Uji : P-Value = 0,900

Kriteria Penolakan : Hakan ditolak jika nilai P-Value < α

Keputusan : H0 diterima karena nilai P-Value (0,900) > α (0,05)

Kesimpulan :
Pada taraf signifikansi α 5%, diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata usia baterai Smartphone X sama dengan 10 jam. Hal ini sesuai dengan iklan yang tersemat pada surat kabar tersebut.

***

Demikian artikel mengenai Tutorial : Uji t Satu Sampel (Rata-rata) dengan SPSS. Pada artikel selanjutnya akan dibahas uji t dua sampel independen dan berpasangan. Uji t juga dapat digunakan untuk pengujian hipotesis satu sisi seperti contoh :
Ingin diuji apakah rata-rata usia bohlam lampu dalam suatu periode produksi tertentu lebih dari 500 jam.
Penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional SMA pada Provinsi A adalah kurang dari 75.
Membuktikan sebuah iklan yang menyatakan bahwa rata-rata durasi servis kendaraan roda 2 Dealer A adalah kurang dari 15 menit.

***

Semoga artikel ini bermanfaat dan janganlah sungkan untuk berkomentar pada kotak komentar yang telah disediakan. Jika artikel ini beermanfaat, silahkan share sebanyak mungkin.
Terimakasih.
Share:

0 comments:

Post a Comment

close
Coba Kolom Pertanyaan
Dengan Jawaban Lebih Jelas
Klik Disini