Tutorial R : Menulis, Membaca dan Menampilkan Data pada R

Analisis menggunakan alat bantu apa pun selalu membutuhkan sebuah data. R memberikan fasilitas dalam menulis maupun membaca sebuah data. Dalam artikel-artikel sebelumnya telah dibahas tentang pengertian R, cara memperolehnya, dan lain sebagainya. Artikel-artikel tersebut dapat dilihat pada link  berikut:

Pada artikel ini akan dibahas tutorial dalam menulis maupun membaca data pada beberapa format. R sendiri telah menyediakan beberapa dataset (data contoh) yang dapat digunakan dalam analisis. Untuk melihat daftar data contoh, dapat mengunakan sintaks berikut:
data()
setelah itu akan muncul daftar sebagai berikut:
Terdapat banyak data contoh yang dapat digunakan. Dalam artikel ini, akan digunakan salah satu data contoh yaitu dataset dengan nama "NILE". Berdasarkan keterangannya, dataset NILE merupakan data flow (debit) dari sungai Nil.

1. Menulis Data ke File

Menulis data ke File pada poin 1 ini digunakan ketika data yang digunakan merupakan dataset pada R. Jika data yang digunakan merupakan data dari pengamatan yang berlum tercatat, dapat langsung mencatat dalam format *.txt menggunakan notepad atau format *.xls menggunakan ms.excel lalu melanjutkan ke poin 2.

write.csv()

Perintah write.csv() merupakan perintah yang digunakan untuk menulis data ke dalam format *.csv atau format data yang dipisahkan oleh koma dan bertipe text. Perhatikan dan tuliskan sintaks berikut pada R-Console:
write.csv(Nile, "data1.csv")
write.csv adalah perintah menulis data dengan format *.csv
Nile adalah dataset yang telah disediakan oleh R
data1.csv adalah nama data yang akan dibuat dengan format *.csv

Secara otomatis, R telah menyimpan data1.csv yang berisi tentang data debit sungai Nil dan dapat digunakan dalam analisis.

write.table()

Perintah write.table() merupakan perintah yang digunakan untuk menulis data ke dalam format *.txt dan dipisahkan oleh tab serta bertipe text. Perhatikan dan tuliskan sintaks berikut pada R-Console:
write.table(Nile, "data1.txt")
write.table adalah perintah menulis data dengan format *.txt
Nile adalah dataset yang telah disediakan oleh R
data1.txt adalah nama data yang akan dibuat dengan format *.txt

Secara otomatis, R telah menyimpan data1.txt yang berisi tentang data debit sungai Nil dan dapat digunakan dalam analisis.

Setelah poin 1 selesai, maka kita akan memiliki 2 tipe data dengan isi yang sama. Tipe pertama adalah data bentuk text yang dipisahkan oleh koma atau *.csv. Dan data tipe kedua adalah data bentuk text yang dipisahkan oleh tab atau *.txt.

2. Membaca File Text

File dengan tipe text sangat sering digunakan dalam analisis menggunakan R. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. File tipe text dapat berupa *.csv dan *.txt. Oleh karena itu pada poin 2 ini akan dijelaskan 2 perintah yang berbeda.

read.scv()

Perintah read.csv() merupakan perintah yang digunakan untuk membaca data pada format *.csv atau format data yang dipisahkan oleh koma dan bertipe text. Perhatikan dan tuliskan sintaks berikut pada R-Console:
data1_csv = read.csv("data1.csv")
read.csv() adalah perintah yang digunakan untuk membaca data/file dengan format *.csv
data1_csv adalah pendefinisian nama data yang selanjutnya akan dianalisis
data1.csv adalah dataset dengan format *.csv yang akan dibaca

Secara otomatis, R telah mendefinisikan bahwa data1_csv merupakan data yang berisi dataset data1.csv dan memiliki informasi data debit sungai Nil.

read.table()

Perintah read.table() merupakan perintah yang digunakan untuk membaca data pada format *.txt atau format data yang dipisahkan oleh tab dan bertipe text. Perhatikan dan tuliskan sintaks berikut pada R-Console:
data1_txt = read.table("data1.txt")
read.table() adalah perintah yang digunakan untuk membaca data/file dengan format *.txt
data1_txt adalah pendefinisian nama data yang selanjutnya akan dianalisis
data1.txt adalah dataset dengan format *.txt yang akan dibaca

Secara otomatis, R telah mendefinisikan bahwa data1_txt merupakan data yang berisi dataset data1.txt dan memiliki informasi data debit sungai Nil.

Setelah poin 2 selesai, maka kita akan memiliki 2 data dengan isi yang sama dan sudah siap digunakan. 

3. Membaca File Excel

Selain file dengan tipe text, file excel juga dapat digunakan dalam analisis menggunakan R. Cara membaca file excel untuk analisis R dijelaskan sebagai berikut :
Tahap 1.
Siapkan data excel yang akan digunakan. Misal sebagai contoh, digunakan data contoh excel yang terdapat pada menu Data Contoh dengan nama Contoh Data Normalitas.
Setelah didownload, akan diperoleh data excel sebagai berikut:
Ubahlah nama file agar lebih pendek dan mudah digunakan. Misalkan kita ganti "Data2"
Silahkan catat dimana anda menyimpan data contoh "Data2" tersebut, ikuti perintah berikut:
- Install Package Readxl dengan perintah berikut:
install.packages("readxl")
- Jalankan Package dengan perintah berikut:
library(readxl)
- Setelah itu masukan sintaks berikut:
data2=read_excel(file.choose(), sheet = 1,col_names = TRUE, col_types = NULL, na = "")
Setelah itu akan muncul kotak dialog yang mengarahkan untuk memilih file excel yang akan digunakan sebagai berikut:
Pilih file Data2.xlsx kemudian Klik Buka.

Setelah poin 3 selesai, maka kita akan memiliki data dengan nama "Data2" yang sudah siap digunakan. 

4. Menampilkan Data

Pada poin 4, setelah data berhasil ditulis dan juga dibaca, selanjutnya adalah menampilkan data yang telah ditulis maupun dibaca tadi.

Misalkan kita ingin menampilkan data2 yang telah dibaca sebelumnya. Ketikan perintah berikut pada R-Console kemudian tekan Enter :
data2
Setelah itu akan muncul tampilan data sebagai berikut:
Setelah dipastikan "data2" sudah terekam dalam R. Selanjutnya adalah menggunakan "data2" dalam analisis lebih lanjut.

Demikian Tutorial sedikit tentang bagaimana Menulis, Membaca dan Menampilkan Data pada R.

2 Responses to "Tutorial R : Menulis, Membaca dan Menampilkan Data pada R"

  1. Maaf ijin bertanya, pada saat memasukan sintaks data2=read_excel(file.choose(), sheet = 1,col_names = TRUE, col_types = NULL, na = "") apakah ada yg ditambahkan seperti lokasi data disimpan atau sudah seperti itu saja? Soalnya saya coba masukkan seperti itu saja tetap error tidak ada pop up sepertj tutorial di atas, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah package "readxl" sudah terinstall dan dipanggil?

      Delete