Saturday, January 5, 2019

Tutorial GUI MATLAB : Membuat GUI MATLAB executable (.exe)


MATLAB memberikan fasilitas yang sangat memudahkan penggunanya. Salah satu fasilitasnya adalah GUI MATLAB. Contoh GUI MATLAB sederhana telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya seperti :

Dalam sebuah kondisi tertentu, mungkin kita butuh menjalankan GUI MATLAB pada PC yang tidak terinstal MATLAB. Hal tersebut tentu akan menyulitkan karena mau tidak mau kita harus menginstal MATLAB terlebih dahulu untuk menjalakan GUI. Permasalahan tersebut merupakan sebuah kendala yang cukup menyulitkan.

Oleh karena itu, MATLAB memberikan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengkonversi GUI MATLAB menjadi program yang executable (.exe). Hal ini akan membuat GUI MATLAB dapat dijalankan pada PC yang belum terinstal MATLAB.

Pada artikel ini akan dibahas tahapan-tahapan dalam mengkonversi GUI MATLAB menjadi executable (.exe). Contoh yang digunakan adalah GUI MATLAB Program Kasir pada Gerai Print & Fotocopy yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Untuk mempelajari artikel sebelumnya, klik disini.

Berikut tahapab-tahapannya :

1. Siapkan file-file yang dibutuhkan.


Dalam contoh ini ada beberapa file yang harus disiapkan yaitu:

- M-File program utama (berekstensi *.m)

- Figure File program utama (berekstensi *.fig)

- Gambar untuk Icon (opsional) (berekstensi *.jpg)

- Gambar untuk Splash Screen (opsional) (berekstensi *.jpg)

*untuk Icon dan Spash Screen sifatnya opsional, bisa dilengkapi atau dikosongkan saja.

2. DeployTool

Ketikan perintah deploytool pada Command Window.

3. Application Compiler

Pilih Application Compiler untuk membuat program aplikasi standalone

4. Jendela Deployment Tool

Pada jendela Deployment Tool, klik tambah File, kemudian pilih M-File dari GUI yang telah dibuat.


5. Lengkapi

Lengkapi dengan gambar ikon dan splash screen yang telah disiapkan pada tahap 1.

6. Jenis Instalasi

Pada tahap ini, silahkan pilih jenis instalasinya. Terdapat 2 jenis instalasi yaitu instalasi online dan offline.

- Online

Untuk tipe online, file executable (*.exe) cenderung kecil sekitar 5-10 MB. Tapi untuk tipe yang pertama ini, dibutuhkan jaringan internet untuk melakukan instalasi.

- Offline

Untuk tipe offline, file executable (*.exe) cenderung besar sekitar 500 MB - 1 GB. Tapu untuk tipe yang kedua, tidak dibutuhkan jaringan internet dalam proses instalasinya.

Dalam contoh ini digunakan tipe Offline. Setelah memilih tipe instalasi, selanjutnya klik Package dan tunggu sampai proses selesai.

7. Instalasi GUI Executable (*.exe)

Setelah proses pembuatan Executable (*.exe) selesai, selanjutnya akan otomatis diarahkan pada folder hasilnya. Folder ini akan berisi 5 item yaitu 3 subfolder dan 2 file. Setelah itu pilih dan klik for_redistribution lalu akan muncul file *.exe. Kemudian klik 2x file *.exe tersebut dan tunggu sampai proses instalasi selesai.




8. Selesai

Setelah proses instalasi selesai, klik Finish. Kemudian secara otomatis hasil instalasi (GUI Executable) akan muncul pada Dekstop dan siap digunakan.
Demikian Tutorial tentang Cara Membuat GUI MATLAB executable (.exe). Untuk tutorial mengenai GUI MATLAB dapat mengunjungi link berikut Tutorial GUI MATLAB atau artikel-artikel berikut:
Previous Post
Next Post

0 comments: