Tutorial : Membuat Sitasi/Kutipan dan Daftar Pustaka Otomatis dengan Mendeley


Di era yang modern seperti saat ini, kebutuhan akan kemampuan otomatisasi sangat dibutuhkan pada semua aspek. Pada aspek pendidikan maupun akademik, salah satu kemampuan yang banyak dibutuhkan adalah otomatisasi dalam hal mempermudah penyusunan karya ilmiah. Pada karya ilmiah, kutipan maupun daftar pustaka dari karya-karya ilmiah lainnya merupakan suatu bagian yang penting pada proses penyusunannya. Berbagai macam karya ilmiah seperti makalah ilmiah, naskah skripsi, naskah thesis, naskah disertasi maupun naskah publikasi ilmiah membutuhkan beberapa kutipan dari karya-karya lainnya guna menunjang proses penyusunannya. Kutipan-kutipan tersebut selanjutnya akan disusun dalam suatu bagaian yang dinamakan daftar Pustaka. 

Semakin banyak daftar Pustaka yang digunakan pada suatu karya ilmiah, maka akan semakin banyak pula usaha maupun waktu yang dibutuhkan dalam penyusunannya. Hal tersebut akan terjadi jika penyusunan daftar Pustaka dilakukan secara manual. Namun pada saat ini telah banyak sekali fasilitas yang memudahkan penyusunan daftar Pustaka secara otomatis seperti fasilitas References bawaan dari Ms. Word maupun menggunakan software eksternal seperti Mendeley. Artikel ini akan memberikan beberapa tutorial dasar penggunaan Mendeley untuk mempermudah proses sitasi dan penyusunan daftar Pustaka.

Mendeley adalah salah satu platform manajer Pustaka dan jejaring sosial akademisi beserta karya-karya ilmiah yang terintegrasi. Beberapa kelebihan menggunakan Mendeley antara lain:

  1. Memungkinkan penyusunan daftar Pustaka secara otomatis.
  2. Menemukan makalah dengan mudah sesuai dengan penulis butuhkan.
  3. Memudahkan kolaborasi antar peneliti.
  4. Memudahkan penyusunan sitasi/kutipan berdasarkan dokumen karya ilmiah yang diimport dari perangkat maupun dokumen karya ilmiah dari publikasi online.

Artikel ini secara khusus akan memanfaatkan fasilitasi Mendeley Dekstop dalam proses sitasi karya ilmiah maupun penyusunan daftar Pustaka serta menggunakan Ms. Word. Berikut bebeberapa tahapan yang harus dilalui:

A. Install Mendeley Dekstop


Artikel ini menggunakan Mendeley Dekstop Versi 1.19.5 yang dapat diunduh pada tautan berikut : KLIK DISINI . Setelah Mendeley Dekstop diunduh, selanjutnya adalah melakukan instalasi sampai dengan proses selesai.

B. Sign-in Mendeley Dekstop


Setelah Mendeley Dekstop sukses diinstal, tahap selanjutnya adalah masuk ke Mendeley dengan email yang telah didaftarkan. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut : KLIK DISINI

C. Install Ms. Word Plugins


Tahap selanjutnya setelah proses Sign-in sukses adalah melakukan instalasi dan menautkan Mendeley Dekstop dengan Ms. Word melalui :

  1. Klik Tools
  2. Pilih Install MS Word Plugin

Setelah proses instalasi selesai, silahkan pastikan bahwa Mendeley telah tertaut dengan Ms. Word dengan tampilan berikut:


Menu Mendeley terletak pada Tab References Ms. Word. Setelah Mendeley tertaut dengan Ms. Word, tahap selanjutnya adalah memasukan dokumen/informasi yang akan digunakan pada sitasi/kutipan maupun daftar Pustaka.

D. Import Dokumen dari Perangkat Lokal

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memasukan dokumen/informasi yang akan digunakan pada sitasi/kutipan maupun daftar Pustaka adalah dengan melakukan import dokumen dari perangkat lokal. Cara ini dapat dilakukan apabila pengguna telah memiliki dokumen yang tersimpn pada perangkat lokal. Tahapan import dokumen adalah sebagai berikut:

1. Pilih All Documents


2. Klik File – pilih Add Files


3. Pilih dokumen yang akan digunakan lalu klik Open


4. Secara otomatis informasi dari dokumen akan langsung terekam pada Mendeley sebagai berikut:


5. Setelah proses selesai maka dokumen tersebut dapat digunakan untuk sitasi/kutipan maupun daftar Pustaka.

E. Mencari Dokumen dari Publikasi Online

Cara laiinya adalah dengan mencari dokumen rujukan pada publikasi online. Cara ini membutuhkan koneksi internet untuk menelusuri dokumen yang diinginkan. Berikut tahapan yang harus dilakukan:

1. Klik Literature Search – kemudian masukan judul atau author pada kolom pencarian. Proses ini akan mudah dan cepat apabila menggunakan judul dokumen publikasi online yang diinginkan yang diinginkan seperti contoh berikut:


Untuk memastikan dokumen publikasi yang dimaksud telah sesuai, dapat dilakukan pengecekan pada Nama Author, Nama Jurnal, dan atau Tahun Terbit sebagai berikut:


Setelah semuanya sesuai, selanjutnya klik dokumen yang sesuai dan klik Save Reference dan kemudian dokumen telah terekam pada Mendeley.


2. Secara otomatis informasi dari dokumen akan langsung terekam pada Mendeley sebagai berikut:


F. Menyisipkan Sitasi/Kutipan

Setelah dokumen-dokumen yang dibutuhkan telah dimasukan pada Mendeley, tahap selanjutnya adalah melakukan proses sitasi/kutipan dengan cara sebagai berikut:

1. Pada lembar halaman Ms. Word bagian kalimat yang akan diberikan kutikan, letakkan kursor pada akhir kalimat atau lainnya, kemudian klik References – Insert Citations.


2. Ketikkan nama Author dari dokumen yang akan dikutip sebagai berikut kemudian klik OK.


3. Maka secara otomatis dokumen tersebut akan masuk pada kutipan kalimat yang telah ditentukan sebagai berikut:


4. Format kutipan dapat disesuaikan pada menu berikut ataupun diatur secara custom.


G. Membuat Daftar Pustaka

Proses terakhir adalah membuat daftar Pustaka dari kutipan-kutipan yang telah dibuat dengan cara sebagai berikut:

1. Letakkan kursor pada halaman daftar Pustaka


2. Kemudian klik References – Insert Bibliography maka secara otomatis daftar Pustaka dengan format yang telah ditentukan sebelumnya akan ditampilkan.


Demikian Tutorial : Membuat Sitasi/Kutipan dan Daftar Pustaka Otomatis dengan Mendeley untuk fungsi-fungsi dasar. Apabila ada pertanyaan maupun saran dan masukan dapat langsung dimasukan pada kolom komentar. Sekian semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.



0 Response to "Tutorial : Membuat Sitasi/Kutipan dan Daftar Pustaka Otomatis dengan Mendeley"

Post a Comment