Wednesday, January 16, 2019

Tips & Trik : Redirect Permanen 301 Syarat untuk Webmaster Google

Apa itu redirect 301?

Redirect 301 merupakan suatu kode respon yang digunakan untuk mengalihkan domain secara permanen. Selain redirect 301, kita juga biasanya akan menemui redirect 302. Apa perbedaan antara redirect 301 dan 302? Jika redirect 301 bersifat permanen, maka redirect 302 bersifat sementara.

Redirect 301 dan 302

Rediret 301 sering digunakan pada sebuah website/blog yang akan melakukan perpindahan domain secara permanen tanpa harus membangun dari awal. Sebagai contoh, website ini dulunya memiliki domain www.pojokan-artikel.com. Namun sekarang telah berganti menjadi www.danialmahkya.com secara permanen tanpa merubah isi konten, struktur, dan lain-lain. Sedangkan redirect 302 lebih sering digunakan ketika sebuah website membutuhkan pengalihan sementara yang bertujuan untuk perawatan website/blog dan lain sebagainya.

Kenapa Redirect 301?

Yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa harus menggunakan 301 untuk berpindah domain dan migrasi lainnya? Jawabannya adalah jika sebuah website/blog telah disinkronkan dengan google webmaster atau google search console dan berencana ingin merubah/mengalihkan domain maka website/blog tersebut WAJIB melakukan redirect 301 permanen. Syarat tersebut harus dilengkapi ketika ingin mengajukan permohonan ganti domain pada google webmaster seperti terlihat pada gambar berikut:
Redirect 301 permanen tidak akan menyulitkan jika sebuah website/blog memiliki hosting sendiri atau dalam kata lain hosting berbayar, karena dapat melakukan redirect 301 permanen melalui cpanel penyedia hosting. Masalah akan timbul ketika sebuah website/blog berbasis hosting gratis seperti blogger.com yang tidak dapat melakukan redirect 301 permanen secara instan.

Sebelum melakukan redirect 301 permanen, silahkan cek status website pada httpstatus seperti contoh berikut:

Pada hasil diperoleh diketahui bahwa www.pojokan-artikel.com dapat dijangkau dengan baik (kode: 200) dan telah dialihkan secara permanen (kode: 301).

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara dalam melakukan redirect 301 permanen yang telah dilakukan pada website www.pojokan-artikel.com yang telah berganti menjadi www.danialmahkya.com. Beberapa cara yang akan dijelaskan disini tidak semuanya berhasil pada www.pojokan-artikel.com.

1. Redirect Blogger

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fasilitas redirect blogger.
Klik Setting - Search Preferences - Custom Redirects - Klik Edit
Setelah itu masukan permalink domain lama dan domain baru, pilih permanen, klik save kemudian save changes dan seterusnya.
Cara yang pertama ini agak membingungkan karena hanya dapat dilakukan dalam satu website/blog yang sama. Sebagai contoh :
www.pojokan-artikel.com/2019/01/tutorial-uji-stasioneritas-rata-rata.html
dirubah menjadi
www.pojokan-artikel.com/2019/01/tutorial-uji-stasioneritas-mean.html

Tetapi tidak berlaku untuk
www.pojokan-artikel.com/2019/01/tutorial-uji-stasioneritas-rata-rata.html
dirubah menjadi
www.danialmahkya.com/2019/01/tutorial-uji-stasioneritas-rata-rata.html
Dengan kata lain, cara pertama ini digunakan untuk melakukan redirect permanen beda permalink dalam domain yang sama. Cara pertama ini tidak dianggap valid oleh google webmaster.

2. Menggunakan Java Script Blogger

Cara yang kedua adalah dengan menyisipkan Java Script.
Klik Theme - Edit HTML
Ctrl + F kemudian cari kode <head> dan masukan script berikut tepat dibawah kode <head>
<script type='text/javascript'>
var d=&#39;<data:blog.url/>&#39;;
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, &#39;&#39;);
location.href = &#39;domain baru&#39; + window.location.pathname;
</script>
Ganti teks berwarna merah dengan domain baru tujuan yang akan diarahkan.
Cara kedua ini dapat digunakan untuk redirect domain satu ke domain lainnya, tetapi dari beberapa sumber diketahui bahwa cara kedua ini tidak termasuk redirect permanen 301 dan tidak dapat digunakan sebagai syarat pindah domain google webmaster

3. Melalui Cloudflare

Cara ketiga adalah dengan menggunakan fasilitas dari cloudflare.com.
Cara yang ketiga ini sangat sukses karena dapat menghantarkan perubahan domain website ini dari yang sebelumnya www.pojokan-artikel.com menjadi www.danialmahkya.com. Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:
- Masuk ke halaman cloudflare.com kemudian pilih sign-up
- Silahkan lengkapi data yang dibutuhkan untuk melengkapi pendaftaran
- Setelah pendaftaran selesai, silahkan login kemudian klik +Add a Site
- Setelah itu akan muncul Panel Kontrol kemudian klik Page Rules
- Setelah muncul tampilan Page Rules, klik pengaturan dengan ikon Kunci
- Setelah itu pilih Forwarding URL lalu pilih 301-Permanent Redirect kemudian klik Save and Deploy

Sampai disini tahapan redirect telah selesai, silahkan cek website/blog yang dialihkan/redirect dengan httpstatus. Jika hasilnya seperti berikut maka proses pengalihan sukses.
Pada hasil diperoleh diketahui bahwa www.pojokan-artikel.com dapat dijangkau dengan baik (kode: 200) dan telah dialihkan secara permanen (kode: 301).

Cara yang ketiga ini sangat efektif dan terbukti sukses dalam mengalihkan www.pojokan-artikel.com menjadi www.danialmahkya.com.


Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. saya sudah mencoba dengan menggunakan cloudflare, kira-kira prosesnya berapa lama ya gan? dan apa nanti url artikel di pencarian google yang page one akan berubah menjadi domain sesuai yang di redirect 301 tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk prosesnya bisa langsung sukses atau dapat ditunggu sampai 24 jam. serta pastikan domain kedua nya baik2 saja dan dapat dijangkau.

      Delete
    2. sudah sukses gan, kalo saya ketik bloga(dot)com secara otomatis akan redirect ke blogb(dot)com, tapi untuk perartikelnya kok enggak otomatis ngeredirect ya gan? apa memang begitu?

      Delete
    3. oh iya selain di cloudflare, saya juga sudah atur redirect 301 di webmaster sesuai panduan google gan

      Delete