Tips & Trik : 5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog


Meningkatkan pengunjung blog adalah dambaan setiap publisher. Dengan cara meningkatkan pengunjung atau traffic, sebuah blog maupun website akan dikenal banyak kalangan. Cara meningkatkan pengunjung blog sangatlah banyak. Dari yang sederhana sampai yang luar biasa.

Dalam sebuah usaha peningkatan pengunjung, kualitas konten adalah kunci utama. Dengan kualitas konten yang terjaga dan konsisten, sebuah blog maupun website akan secara otomatis mendatangkan banyak pengunjung. Pada artikel ini, akan dibahas tips dan trik 5 cara meningkatkan pengunjung blog. Tips dan triknya dijelaskan sebagai berikut:


1. Konten Kualitas

www.evolvedigitas.com

Konten kualitas merupakan kunci utama dalam usaha peningkatan pengunjung sebuah blog/website. Lantas bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? Poin-poin cara mempertahankan konten berkualitas dijelaskan sebagai berikut:

- Asli/Orisinil

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah keaslian konten yang dibuat. Hindari Copy Paste konten-konten dari blog/website lain. Hal ini dapat menyebabkan pandangan negatif terhadap blog/website anda dan yang lebih buruk lagi adalah berurusan dengan DMCA (Digital Millennium Copyright Act) yang dapat memblokir sebuah blog/website yang terbukti melakukan Copy Paste.

- Terstruktur

Konten yang terstruktur adalah konten yang runtut dalam artian memberikan informasi yang bersifat umum kemudian menjadi khusus setelah beberapa tahap. Banyak pengunjung blog yang ketika membaca sebuah konten tidak serta merta langsung paham dengan isi konten. Seorang pengunjung butuh definisi-definisi terlebih dahulu sebelum memahami apa maksud dari konten tersebut.

- Menjawab

Sebuah konten yang berkualitas adalah konten yang dapat menjawab. Artinya antara judul dan isi harus selaras. Sebagai contoh konten yang tidak menjawab.
Judul : Tips Mengolah Buah Naga
Isi : Tata cara memasak kangkung
Judul : Tutorial Menulis Surat Lamaran
Isi : Jenis surat lamaran
Judul : 10 Cara Ampuh Mendapatkan Penghasilan Online
Isi : Pengertian penghasilan Online

- Tampilan

Sebuah konten biasanya berisi banyak teks maupun paragraf yang sangat panjang. Pengunjung/pembaca otomatis akan mudah bosan ketika sebuah konten yang panjang hanya berisi teks dan paragraf. Dengan menyisipkan gambar ilustrasi dari konten tersebut dapat membuat tampilan lebih manusiawi.


2. Judul yang Menarik

www.100webhosting.com

Judul yang menarik merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan pengunjung. Menurut berbagai sumber, kurang dari 25% pengunjung sebuah blog/website yang membaca isi dari konten, sisanya hanya membaca judul konten tersebut. Beberapa judul yang menarik seperti contoh berikut:
Terkuak! 7 Fakta Tentang Letusan Gunung Anak Krakatau
Tips dan Trik Cara Meninggikan Badan tanpa Obat Seketika
Tutorial Mendapatkan Dollar dengan Mudah Menggunakan Adsense 

3. Promosi

www.securitymagazine.com

Promosi disini adalah menyebarluaskan konten dari blog/website pada media sosial. Kenapa media sosial? Karena di masa sekarang, media sosial merupakan salah satu tempat yang dapat dijadikan ajang sosialisasi tanpa mengenal jarak, waktu dan juga gratis. Jadi jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Media sosial yang dapat digunakan misalkan Facebook, Twitter, Instagram, Google+, dan masih banyak lagi.

4. Memahami SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah sebuah cara yang digunakan untuk memaksimalkan tingkat keterlihatan sebuah blog/website dalam mesin pencari. Ilustrasi SEO yang tepat sasaran adalah sebagai berikut :


Ketika mengetikan sebuah kata kunci di google pencarian, misalkan kata kunci "tutorial gui matlab kasir" maka pada daftar kedua akan muncul website Pojokan-Artikel. Apakah hal ini menandakan bahwa website tersebut telah menggunakan SEO dengan baik? Tentunya belum. Sebuah website akan dikatakan telah menggunakan SEO dengan  baik jika ketika mengetikan kata kunci sesuai secara umum dan yang muncul pada daftar pertama adalah website A. Maka website A telah memaksilmalkan SEO dengan baik. Ilustrasi diatas belum dikatakan menggunakan SEO dengan  baik karena kata kunci yang digunakan masihbersifat khusus dan saat muncul daftar hanya menemopasti posisi kedua. Banyak website/blog yang memang fokus pada topik SEO dan banyak menyediakan informasi bagaimana menggunakan teknik SEO. Jadi untuk informasi SEO dapat melakukan eksperimen secara mandiri pada masing-masing website/blog.

5. Template Blog/Website

www.gtmetrix.com

Template yang digunakan blog/website sangat mempengaruhi jumlah pengunjung. Jika menggunakan template yang cenderung berat atau lama dalam hal loading, tentu saja akan mengurangi jumlah pengunjung yang datang. Maka gunakanlah template yang sekiranya ringan dan tidak terlalu berat. Bebarapa tool online yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan blog/website seperti:

Cepatkah.com

Google Page Speed

Pingdom

GTMetrix

Untuk membuat blog/website yang ringan dapat melakukan eksperimen mandiri dengan selalu mengevaluasi template blog/website yang digunakan.


Share:

1 comment: