Tips & Trik : Memperoleh Penghasilan Google Adsense


Sebagian pengguna internet mungkin masih asing dengan istilah Google Adsense, namun sebagian lagi sudah sangat familiar dan bahkan telah memaksimalkan program Google Adsense ini. Google Adsense merupakan salah satu program/fasilitas dari Google yang memungkinkan para pemilik website atau blog memperoleh penghasilan berupa uang dengan cara mengiklankan berbagai jenis iklan yang disediakan oleh google. Iklan yang ditampilkan dapat berupa text, gambar maupun video.


Namun bukan perkara mudah untuk sebuah website atau blog dapat lulus seleksi dan disetujui oleh google. Membutuhkan banyak tahapan, perbaikan dan kesabaran dalam prosesnya. Google sendiri cenderung ketat dalam menyeleksi sebuah website/blog yang diajukan dalam program Google Adsense. Karena google tidak akan sembarangan mengizinkan website yang "kurang baik" menampilkan iklan-iklannya.

Mekanisme pendapatan yang ditawarkan google pun juga transparan dan fleksibel. Google akan membayar sebuah website dihitung dari jumlah klik, jumlah view dan lain-lain. Pencairan uang yang dihasilkan pun juga sangat mudah dan aman.


Artikel ini akan membahas sedikit tips dan trik ketika menggunakan Google Adsense mulai dari tahap awal sampai disetujui oleh google. Berikut Tips & Trik Menggunakan Google Adsense.

1. Membuat Website/Blog

Syarat untuk mendaftar Google Adsense dan menjadi seorang Publisher adalah mempunyai website/blog. Untuk tahap pertama disarankan membuat website/blog tipe gratis seperti blogger.com ataupun wordpress.com. Kelebihan dari platform gratis ini selain menghemat pengeluaran juga mempermudah dalam perencanaan konten ataupun latihan penyusunan website/blog.

2. Menentukan Konten

Setelah website/blog selesai dibangun, jenis/tipe konten harus ditentukan. Apakah itu konten tentang komputer, review, tutorial dan lain-lain. Banyak kasus menunjukan bahwa website/blog dengan konten tutorial ataupun tips & trik sangat mudah mendatangkan pengunjunag. Atau dapat dengan membuat konten yang sedang trending. Konten yang dihasilkan harus memberikan manfaat kepada pembaca agar pembaca yang membaca dapat berkunjung kembali di lain waktu dan menjadikan website/blog kita sebagai referensi jelajah.

3. Membuat Konten Berkualitas


Konten berkualitas disini mencakup banyak aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain:

- Pemilihan Kata

Dalam segi pemilihan kata, sebuah website/blog harus jeli. Tidak terlalu kaku dan tidak terlalu "lebay", "alay" dan sebagainya. Pemilihan kata harus pas agar website/blog terlihat lebih profesional. Dengan begini tidak akan ada revisi konten kualitas rendah dari Google Adsense

- No SARA

Konten yang dibuat harus bersih dari SARA (suku, agama, ras dan antar golongan). Jika mengandung unsur SARA, konten tersebut akan terindeks kurang berkualitas.

- Konten Keterkaitan

Pada poin ketiga berkaitan dengan meningkatkan jumlah pengunjung. Misalkan konten A part 1, konten B part 2 dan seterusnya. Dengan membuat konten semacam ini, seorang pengunjung akan mengunjungi webstie/blog kita bekali-kali dan akan menimbulkan efek Kebiasaan.

- Tampilan

Dalams setiap konten usahakan selalu ada visualisasi gambar agar penggunjung merasa tertarik dan tidak bosan dalam membaca/melihat konten yang telah dibuat.

4. Hindari Copy Paste


Jika berniat mendaftarkan website/blog pada Google Adsense, wajib dan sangat wajib konten yang dihasilkan merupakan hasil karya sendiri dan bukan dari hasil copypaste. Google sangat jeli dalam memfilter konten-konten yang dihasilkan dari copypaste. Jika tidak diperhatikan, website/blog tersebut tidak akan pernah disetujui oleh Google Adsense.

5. Memaksimalkan Website/Blog

Setelah selesai membuat konten, jangan hanya dibiarkan saja dan menunggu pengunjung. Share pada beberapa Media Sosial dapat meningkatkan jumlah pengunjung sekaligus mempromosikan sebuah website/blog secara gratis. Hal ini merupakan cara yang cukup efektif dan ampuh dalam meningkatkan jumlah pengunjung.

6. Daftarkan Google Adsense


Setelah poin-poin sebelumnya dilaksanakan apakah perlu menunggu jumlah pengunjung 1000 perhari baru mendaftar di Google Adsense? Perlu menunggu artikel sebanyak 10 baru mendaftar di Google Adsense? Perlu menunggu selama 3 bulan baru mendaftar di Google Adsense? Jawabannya adalah tidak. Banyak sumber yang mengatakan bahwa harus menunggu 1000 pengunjung, harus menunggu 10 artikel, harus menunggu 3 bulan dan lain-lain. Secara pribadi saya tidak setuju dengan hal tersebut.

Jika sebuah webstie/blog telah terbentuk dan minimal ada satu-dua konten yang dipublikasikan, silahkan langsung mendaftar di Google Adsense. Apakah langsung disetujui? Tidak ada jaminan. Tapi apa salahnya sembari kita melakukan revisi terhadap website/blog, kita dapat memproduksi konten-konten berkualitas lainnya dan berusaha memperbaiki website/blog agar mudah dilacak mesin pencarian google. Jika kita menunda-nunda pendaftaran, motivasi dan semangat untuk dapat diterima di Google Adsense akan berkurang drastis. Hal ini berkaitan dengan poin 7.


7. Revisi Hal Biasa

Seperti yang kita tahu, revisi dari Google Adsense sendiri tidaklah sedikit. Sebagai contoh dari revisi awal sebanyak 25 point akan berkurang sedikit-demi sedikit menjadi 10 point sampai 1 point. Dengan catatan website/blog tersebut harus selalu berbenah ketika mendapatkan revisi dari Google Adsense. Jadi dengan adanya revisi tersebut, kita dapat selalu berbenah dan meningkatkan kualitas suatu website/blog.

8. Diterima

Setelah semua revisi terselesaikan, maka akan ada saatnya website/blog akan diterima oleh Google Adsense dan layak menampilkan iklan-iklan dari google. Dan tentunya dapat memberikan penghasilann.


9. Konsisten


Hal yang tidak kalah penting adalah konsisten. Jika setelah website/blog diterima, konten harus selalu ada dan berkualitas. Jika konten sampai berhenti dan tidak berproduksi lagi maka. Jerih payah poin-poin sebelumnya tidak akan berguna. Oleh karena itu, sebuah website/blog yang telah diterima oleh Google Adsense harus terus memproduksi konten-konten yang berkualitas agar pengunjung tidak menurun atau bahkan hilnag. Jika pengunjung hilang maka fasilitas Google Adsense akan sia.sia.

Kesimpulan :
Banyak cara yang dapat digunakan untuk memaksimalkan Google Adsense. Poin-poin yang dijelaskan sebelumnya adalah pendapat pribadi yang mungkin sebagian terdapat kekurangan. Intinya adalah :
Usaha yang dicapai tidak akan membohongi Hasil yang didapatkan
Share:

0 comments:

Post a Comment