Tutorial Musik : Cara Mendapatkan Tone Gitar Metal dengan VST/VSTi Gratis + Preview


Banyak cara yang dapat digunakan seorang musisi dalam mendapatkan tone yang sesuai dengan selera. Dalam hal ini adalah tone gitar metal. Seorang gitaris dengan genre metal tentu mengharapkan tone gitar yang berdistorsi, tebal dan gelap. Cara-cara maupun usuaha yang dilakukan adalah dengan membeli Amps Metal beserta Pedal Distorsinya.

Beberapa Amps dengan genre metal seperti :

1. Randall Thrasher

2. Engl Invader

3. Randall RG1003H 100W Solid State

4. EVH 5150 III Tube Combo

5. Peavey 6505+ 112 Tube Combo

6. dll. (sumber)


Dan melengkapi dengan pedal distorsi seperti :

1. Boss DS-1

2. Boss ML-2 Metal Core

3. TC Electronic Dark Matter

4. dll (sumber).


Dengan membeli perangkat yang telah dijelaskan sebelumnya dapat memberikan tone metal yang diinginkan, tentunya dengan pengaturan yang tepat. Namun dalam artikel ini tidak akan membahas tone gitar yang dihasilkan dari perangkat-perangkat diatas. Artikel ini akan membahas Cara Mendapatkan Tone Gitar Metal dengan VST/VSTi Gratis. Walaupun gratis, VST/VSTi yang akan digunakan dalam artikel ini dapat menghasilkan tone gitar yang cukup mumpuni. Berikut penjelasan dan tahapan-tahapanya.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

1. PC/Laptop

Alat dan bahan yang wajib ada adalah PC maupun Laptop atau perangkat lain yang mumpuni dalam artian RAM dan Processor. Untuk kebutuhan RAM maupun Processor dapat dilihat pada DAW yang akan digunakan.

2. DAW (Digital Audio Workshop)

DAW atau software yang digunakan untuk melakukan pekerjaan pembuatan musik, editing musik, maupun mixing mastering. Banyak jenis DAW yang dapat digunakan antara lain:

- FL Studio

- Cubase

- Logic Pro

- dll.


3. Gitar dan Perlengkapan Record to PC

Alat dan Bahan yang selanjutnya adalah Gitar dan perlengkapan record to PC. Untuk cara  record guitar to PC dapat ditemukan di situs-situs lainnya. Jika terlalu sulit menyiapkan gitar ataupun perlengkapan record to PC, solusi lainnya adalah menggunakan VSTi atau virtual instrument gitar. Banyak sekali VSTi gitar yang dapat digunakan untuk tone metal seperti :

- Shreddage 2

- Ample Metal Eclipse

- Heavier7Strings

- Realeight

- dll.


Bumbu yang digunakan beserta link download dijelaskan sebagai berikut:

1. TSE 808


TSE 808 merupakan salah satu VST pedal distorsi yang ampuh untuk menghasilkan tone gitar berdistorsi metal. VST ini juga tergolong kecil dalam ukuran dan tampilan yang mudah. Pengaturan knob Drive Volume dan Tone mengikuti gambar diatas. Untuk mendapatkannya dapat didownload gratis melalui link berikut:
Download TSE 808 Gratis

2. Poulin Lecto Amp


Jika sebelumnya membahas pedal distorsi, selanjutnya adalah amps simulator untuk metal dengan nama Poulin LeCto. Pengaturan knob masih default mengikuti gambar diatas. Amp Sim ini dapat dengan gratis didownload melalui link berikut:
Download Poulin Lecto Gratis

3. NadIR Ignite Amps


Selanjutnya dalah Cabinet Simulator. Pada tutorial ini menggunakn NadIR dari Ignite Amps yang tentunya juga gratis. Pengaturan knob High Pass diatur mendekati 100Hz serta Low Pass diatur mendekati 10KHz dan pengaturan lainnya sesuai dengan gambar diatas. NadIR dari Ignite Amps dapat didownload secara gratis melalui link berikut:
Download NadIR Ignite Amps Gratis

4. Impulse Response Cabinet

Jika kita menggunakan Cabinet Simulator, tentunya kita juga membutuhkan Impulse Response yang akan kita masukan pada Cabinet Simulator tersebut. Dalam artikel ini menggunakn Impulse Response Gratis dari Juan Bach yang dibagikan pada channel youtubenya. Impulse Respone JB dapat didownload melalui link berikut:
Download Impulse Respone JB Gratis
Channel Youtube Juan Bach
Setelah impulse response didownload dan diunpack, selanjutnya adalah load impulse response tersebut ke dalam NadIR.

Urutan-urutan dalam proses Mixing Mastering untuk channel Gitar adalah sebagai berikut :
Urutannya adalah TSE 808 - LeCto - NadIR - (opsional).

Jika urutan sudah sesuai dan instrumen gitar juga sudah direcord. Maka hasil dari ramuan bumbu di atas adalah sebagai berikut :

- Suara gitar bersih sebelum menggunakan TSE 808, LeCto dan NadIR

- Suara gitar distorsi tone metal setelah menggunakan TSE 808, LeCto dan NadIR

- Suara gitar + bass + drum setelah tahapan mixing dan mastering


Demikian Tutorial Cara Mendapatkan Tone Gitar Metal dengan VST/VSTi Gratis + Preview. Jika ada pertanyaan, saran maupun kritik dapat langsung mengunjungi kolom komentar.

Share:

0 comments:

Post a Comment