Wednesday, July 24, 2019

Tips & Trik : Beberapa Cara dan Sumber Mendapatkan Data Sekunder untuk Penelitian

Sebuah penelitian pasti membutuhkan data, baik itu data primer maupun data sekunder. Data primer sendiri adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan data primer, antara lain seperti wawancara, observasi langsung maupun melalui kuisioner. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber kedua. Artinya, data tersebut telah melalui proses peringkasan maupun pengolahan sederhaha. Data sekunder dapat diperoleh dari buku, publikasi ilmiah maupun website terpercaya.

Pada kesempatan ini akan dijelaskan beberapa cara memperoleh data sekunder melalui bantuan laman publikasi data. Data tersebut dapat digunakan untuk penelitian maupun tujuan mulia lainnya.

Laman Badan Pusat Statistik (BPS)

Dikutip dari https://www.bps.go.id/, Badan Pusat Statistik (BPS) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sebagai pengganti kedua UU tersebut ditetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Berdasarkan UU ini yang ditindaklanjuti dengan peraturan perundangan dibawahnya, secara formal nama Biro Pusat Statistik diganti menjadi Badan Pusat Statistik.

BPS menyediakan berbagai jenis data yang telah dikumpulkan dari berbagai aspek. Salah satu cara mempublikasikan data yang tersedia di BPS adalah melalui laman resminya yaitu https://www.bps.go.id/. Berikut tahapan cara mendapatkan data pada laman resmi BPS Pusat.

1. Kunjungi Laman Resmi https://www.bps.go.id/


2. Cek Sidebar Bagian Kiri


Pada bagian Sidebar kiri terdapat beberapa topik antara lain Sosial dan Kependudukan, Ekonomi dan Perdagangan, Pertanian dan Pertambangan, dan lain-lain.

3. Pilih Tema Data


Dari sekian banyak aspek yang ditampilkan, silahkan pilih topik data yang diinginkan. Sebagai contoh data mengenai Inflasi. Kemudian Klik Topik Inflasi.

4. Pilih Tabel Dinamis


Setelah masuk pada topik Inflasi, selanjutnya pilih Tabel Dinamis.

5. Tentukan Kriteria Data


Setelah masuk pada Tabel Dinamis, selanjutnya adalah menentukan kriteria bentuk data yang dibutuhkan. Berdasarkan gambar di atas, maka kriteria yang ingin dibentuk adalah :
- Data Indeks Harga Konsumen (Kelompok Pengeluaran)
- Pada tahun 2019
- Untuk bulan Januari, Februari dan Maret
- Dengan karakteristik Umum

6. Pilih Bentuk Tabel Kemudian Submit


Pilih bentuk Tabulasi Data yang dikehendaki kemudian klik Submit.

7. Unduh Data


Tahap terakhir adalah mengunduh data yang telah diperoleh dengn cara klik Unduh Data.

Yahoo Finance (Data Keuangan)

Opsi yang kedua adalah Yahoo Finance. Yahoo Finance merupakan laman platform dari Yahoo yang menyediakan data keuangan. Banyak yang memanfaatkan Yahoo Finance untuk mengamati data historical mengenai saham dunia. Jika sebuah penelitian yang fokus pada topik keuangan terutama saham, laman Yahoo Finance dapat menjadi pilihan. Berikut tahapan cara mendapatkan data saham pada laman Yahoo Finance.

1. Kunjungi Laman Resmi https://finance.yahoo.com/


2. Ketik Saham yang Ingin Diamati pada Kotak Pencarian


Pada contoh ini, misalkan ingin diamati data pergerakan saham dari PT. Garuda Indonesia (Persero).

3. Kemudian Pilih Historical Data


4. Tahapa Terakhir adalah Pilih Download Data



Laman Sumber Data yang Bersangkutan

Terakhir adalah mengunjungi laman resmi dari sumber data yang bersangkutan. Cara ini dapat dilakukan apabila Instansi yang berhubungan dengan data memiliki fasilitas publikasi data yang terbuka untuk umum. Jika laman sumber data tidak menyediakan data yang dibutuhkan, jalan satu-satunya adalah dengan mengunjungi secara resmi instansi yang menyediakan data tersebut.

Contoh laman resmi yang menyediakan data publikasi cukup lengkap adalah http://www.kemenpar.go.id/ . Laman tersebut merupakan laman resmi dari Kementerian Pariwisata. Berikut tahapan cara mendapatkan data pariwisata pada laman resmi Kementerian Pariwisata.

1. Kunjungi Laman Resmi http://www.kemenpar.go.id/


2. Pilih Menu Statistik Wisatawan Mancanegara pada Menu Kinerja


3. Sebagai Contoh Pilih Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara Bulanan Tahun 2019


4. Tahap terakhir adalah Download Data Perbulan Jika Dibutuhkan


Jika data dan informasi bulanan dirasa sangat dibutuhkan, silahkan download data dan tabulasi bulanan dari data tersebut.



Demikian artikel mengenai Tips & Trik : Beberapa Cara dan Sumber Mendapatkan Data Sekunder untuk Penelitian. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder guna penelitian. Cara yang paling efektif adalah mendatangi secara resmi instansi yang memiliki data yang dibutuhkan. Namun cara tersebut akan membutuhkan biaya, waktu serta tenaga ekstra.

Silahkan komentar pada kolom yang telah disediakan jika terdapat pertanyaan maupun kesulitan dalam pengumpulan data penelitian terutama data sekunder.
Previous Post
Next Post

0 comments: